PERTANYAAN YANG KERAP MUNCUL

 

apa itu KEFIR dan KOMBUCHA?

Mereka adalah jenis minuman probiotik yang dibuat dengan memfermentasi cairan menggunakan kultur SCOBY (symbiotic colonies of yeasts and bacteria). Kefir dan kombucha dipercaya dapat membantu sistim pencernaan, memperkuat imunitas, dan mengeluarkan racun dari tubuh. Baca lebih lanjut di sini untuk kefir dan di sini untuk kombucha.

produk kefir susu (kiri) dan jajaran probiotic mix kami yang mencampur water kefir dan kombucha untuk mendapatkan jenis probiotik lebih banyak

produk kefir susu (kiri) dan jajaran probiotic mix kami yang mencampur water kefir dan kombucha untuk mendapatkan jenis probiotik lebih banyak

anak-anak biasanya menyukai rasa kefir dan kombucha yang mirip dengan soda

anak-anak biasanya menyukai rasa kefir dan kombucha yang mirip dengan soda

APA ALASAN KITA MINUM KEFIR DAN KOMBUCHA?

Konsumsi kefir dan kombucha membantu menyehatkan tubuh kita melalui detoksifikasi dan efisiensi sistim pencernaan kita, sehingga meningkatkan imunitas tubuh. Semua makanan minuman fermentasi baik untuk kesehatan, dan sebaiknya kita mengkonsumsi berbagai macam makanan minuman berprobiotik (tempe, oncom, miso, dadih, milk kefir, yogurt, kimchi, miso, dan lainnya) untuk meningkatkan jenis bakteri baik di dalam pencernaan kita. Pilih saja yang kita suka.

APAKAH KEFIR DAN KOMBUCHA AMAN UNTUK ANAK-ANAK?

Banyak anak-anak yang menyukai rasa kombucha dan kefir karena rasanya mirip soda. Studi kesehatan menunjukkan konsumsi soda komersial dan minuman dengan kadar gula tinggi (teh kemasan, jus kemasan dengan tambahan gula) berpengaruh negatif terhadap performa anak-anak sekolah. Kandungan gula dalam kefir dan kombucha jauh lebih rendah dibanding soda dan minuman kemasan (2-8 gram per gelas dibandingkan 39 gram dalam soda dan minuman kemasan). Teh kemasan juga biasanya mengandung gula sangat tinggi, ditambah dengan pengawet dan gula buatan.

Secara umumnya, kombucha dan kefir unpasteurized yang diproduksi oleh produsen terpercaya aman untuk konsumsi anak-anak. Probiotik aktif di dalam kombucha dan kefir dipercaya bisa membantu masalah pencernaan anak, terutama setelah minum antibiotik, tetapi sebaiknya mulai dengan konsumsi sedikit demi sedikit. Kalau anak-anak rutin mengkonsumsi yogurt atau kimchi, sebenarnya mereka sudah terbiasa dengan makanan minuman fermentasi dan tidak akan kaget. Menurut Michelle Crowder, naturopat senior di RS Beaumont di Michigan, ada hubungan antara makanan minuman fermentasi dengan kesehatan mental anak-anak. Nah. Siapa yang tidak ingin anak-anak kita menjadi lebih fokus, tenang dan percaya diri?

Tetapi untuk anak di bawah 1 tahun, kami anjurkan minum ASI yang banyak mengandung probiotik aktif alami.

BERAPA BANYAK DAN KAPAN SEBAIKNYA KITA MENGKONSUMSI KEFIR DAN KOMBUCHA?

Jika anda benar-benar pemula, disarankan mulai dengan setengah sampai satu gelas dengan sedikit makanan 2X sehari, diikuti dengan air putih untuk mengeluarkan toksin. Setelah terbiasa, konsumsi bisa ditingkatkan sesuai keinginan dan bisa mulai minum saat perut kosong untuk meningkatkan absorbsi.

BERAPA LAMA KITA HARUS MENGKONSUMSI KEFIR DAN KOMBUCHA UNTUK MULAI MERASAKAN MANFAATNYA?

Manfaat kefir dan kombucha dirasakan secara berbeda untuk setiap orang. Ada yang langsung merasa segar, ada yang memerlukan beberapa kali konsumsi untuk mulai merasakan manfaat.

Pada umumnya, lebih berguna untuk badan kita kalau kita mengkonsumsi kefir dan kombucha teratur (setengah gelas 2X sehari) selama 2 minggu daripada minum banyak dalam kurun pendek, karena tujuan healing kita melalui pendekatan holistik yang memerlukan waktu dalam pembenahan microflora dalam pencernaan kita.

PILIH MANA YANG PALING BAGUS, KOMBUCHA, PROBIOTIC MIX, ATAU MILK KEFIR?

Kombucha, Probiotic Mix (water kefir + kombucha), dan Milk Kefir semua baik untuk kesehatan dan mengandung probiotik yang berbeda jenisnya.

Idealnya, kita memiliki 400-1000 jenis bakteri berguna di dalam pencernaan kita. Pola makan modern (misalnya siap saji, cepat saji, variasi itu-itu saja, gorengan, berbahan pengawet, mengandung banyak gula dan mentega) tidak membantu memelihara bakteri berguna, karena mereka pada dasarnya membutuhkan dan menyukai berbagai macam makanan minuman segar, berserat, mentah atau hijau, dan berprobiotik hidup untuk menambah keragaman di pencernaan. Kombucha dipercaya memiliki 10-15 jenis bakteri berguna, water kefir antara 15-30 jenis, dan milk kefir 30 jenis (kami mencampur kombucha dan water kefir menjadi Probiotic Mix karena pertimbangan banyaknya jenis probiotik). Konsumsi selang seling dengan disertai makanan minuman berprobiotik lainnya sangat dianjurkan (misalnya yogurt, oncom, miso, kimchi, sauerkraut, tempe, acar probiotik dan seterusnya).

Antara kombucha, water kefir, probiotic mix, atau milk kefir? Ikutilah lidah dan bagaimana tubuh kita bereaksi terhadap pilihan probiotik. Kombucha dan Probiotic Mix termasuk vegan food, sedangkan Milk kefir cocok untuk yang mengikuti pola Paleo dan Keto.

APA KOMBUCHA KEFIR AMAN UNTUK PENDERITA SAKIT MAAG?

Kombucha dan kefir memang agak asam, dan banyak penderita maag percaya bahwa konsumsi asam tidak baik untuk perut mereka. Maag biasanya disebabkan oleh luka di lambung dan produksi asam lambung akan membuat rasa perih berlebihan.

Meskipun rasanya asam, kombucha dan kefir termasuk minuman yang akan membuat tubuh kita alkali melalui proses metabolisme (baca di sini). Probiotik yang terkandung di dalam kombucha dan kefir juga sangat membantu memperbaiki pencernaan, sehingga meskipun terasa agak janggal cobalah minum kombucha dan kefir selagi maag anda kambuh.

HELP! MENGAPA MILK KEFIR SAYA TERPISAH, SEPERTI ADA AIRNYA?

SCOBY kefir yang sehat biasanya sangat aktif dan semakin lama susu berfermentasi, semakin dia akan memisah whey dari curd nya. Banyak yang panik dan takut kalau kefir rusak. Jangan takut, kefir masih bagus, bahkan ada yang sengaja memfermentasikan milk kefir sampai tahap ini karena mau memisahkan whey dan curd untuk beberapa alasan.

Kami pastikan, kefir terpisah tidak rusak, hanya mungkin agak asam dan kurang menarik penampakannya. Cuaca, temperatur, variasi susu dan gula lakstosa terkandung, semua ini faktor utama dalam fermentasi alami. Ditambah dengan kondisi transportasi sewaktu pengiriman dari produsen ke konsumen yang sangat berpengaruh kepada kefir creaminess. Jika pengiriman tidak menggunakan boks dingin, milk kefir masih akan terus fermentasi di dalam botol dan bisa memisah di perjalanan.

Sekali lagi, kefir tidak rusak. Bisa saja sebelum minum kita blender dulu, atau gunakan kefir untuk campuran smoothie. Banyak yang menyukai dan terbiasa dengan kefir memisah, ada yang menyaring dengan saringan halus untuk membuat keju kefir (tambahkan parutan bawang putih, garam merica, dan cincangan seledri atau lainnya, diamkan 12-24 jam sampai agak mengeras), atau membuat masker kefir untuk perawatan kulit bersinar. Whey bisa diminum, campur ke dalam smoothie, atau untuk penyubur tanaman.

KADANG-KADANG ADA SEPERTI UBUR-UBUR KECIL DI DALAM BOTOL KOMBUCHA, APA ITU?

Kombucha banyak dikenal di Asia sebagai jelly-fish tea, karena SCOBY floaters kadang muncul di kemasan botol. JANGAN KHAWATIR, itu artinya kombucha kita sehat dan ceria. Floaters itu adalah formasi kultur probiotik. Konsumsilah bersama kombuchanya dan kita tidak usah beli pil probiotik hidup yang sangat mahal di toko. Atau saring, tergantung anda!

segelas jus jeruk mengandung 24 gram gula dibandingkan 2-8 gram dalam kombucha

segelas jus jeruk mengandung 24 gram gula dibandingkan 2-8 gram dalam kombucha

BAGAIMANA DENGAN KANDUNGAN ALKOHOL DALAM KEFIR DAN KOMBUCHA?

Kebanyakan makanan minuman yang dijual di toko atau supermarket sudah matang atau berbahan pengawet supaya tahan lama, sedangkan kefir dan kombucha kami tergolong raw food dan masih terus fermentasi kalau dibiarkan di luar kulkas.

Banyak yang khawatir soal alkohol terkandung dalam kefir dan kombucha. Proses fermentasi memang satu proses biologi yang pelik (menggunakan karbohidrat untuk memproduksi probiotik, enzim, vitamin B dan asam berguna yang membasmi bakteri jahat dan mengawetkan makanan) dengan produk sampingan karbon dioksida dan sedikit ethanol. Berapa banyaknya ethanol yang terbentuk dalam fermentasi tergantung jenis fermenter (ragi vs bakteri vs kapang dan lainnya) dan jenis atau jumlah karbohidrat bahan input.

Di Amerika memang pernah terjadi salah satu merek kombucha ternama harus merubah cara produksi dan resep karena mengandung 2,5% alkohol, dan ini yang memicu polemik tentang kombucha. Tetapi umumnya kefir dan kombucha yang beredar di pasaran Amerika dan terutama di Indonesia masih dalam ambang batas non-alcoholic. Untuk memastikan, kami akan melakukan tes alkohol secara berkala.

Kefir dan kombucha rumahan biasanya mengandung kadar alkohol lebih kecil dari 0,5% yang berarti masih dalam batas bukan beralkohol menurut MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Untuk menjadi memabukkan, kita harus minum kefir dan kombucha bergalon-galon. Tape singkong, tape ketan, buah-buahan matang biasanya akan mengandung alkohol lebih dari kefir dan kombucha rumahan. Tetapi jika ragu, anda bisa membeli alat tes untuk mengecek kadar alkohol atau mengirimkan sampel ke laboratorium.

Jika masih ragu karena pertimbangan agama, konsultasikanlah kepada ustad dan ulama.

kombucha buatan rumah

kombucha buatan rumah

berbagai jenis gula untuk pembuatan kefir dan kombucha: raw sugar, sugar, kokuto, molases

berbagai jenis gula untuk pembuatan kefir dan kombucha: raw sugar, sugar, kokuto, molases

APAKAH PEMBUATAN KEFIR DAN KOMBUCHA SELALU MEMERLUKAN GULA?

Banyak orang mengkhawatirkan tentang penggunaan gula dalam proses pembuatan kefir dan kombucha. Tetapi, gula itu bukan untuk konsumsi kita.

Kultur SCOBY melalui proses hidrolis asam atau melalui pembentukan enzim membelah gula sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa (gula buah). Glukosa ini yang menjadi fokus karena glukosa adalah sumber energi untuk sel biologis dan pembentukan probiotik. Sinergi antara kultur membelah gula dan bakteri memproduksi asam-asaman inilah yang membuat keunikan dari kombucha, yaitu adanya asam asetat, asam glukonik, fruktosa dan jenis probiotik terbentuk. Proses fermentasi dianggap selesai ketika kefir dan kombucha mengandung 2-4 gram gula per gelas. Penambahan rasa bisa menambah kadar gula ke 8 gram. Sebagai perbandingan, segelas jus jeruk mengandung 24 gram gula sedangkan jus wortel alami mengandung 13 gram gula.

APAKAH KEFIR DAN KOMBUCHA AMAN UNTUK PENDERITA DIABETES?

Kefir dan kombucha mengandung bakteri berguna untuk kesehatan perut (membantu pencernaan) dan meningkatkan kekebalan tubuh. Meskipun laboratorium tes kebanyakan menggunakan tikus dan bukan manusia, beberapa studi menunjukkan dampak positif kombucha terhadap kadar gula darah (baca di sini).

Dalam studi laboratorium, dua grup tikus penderita diabetes diberi minum kombucha dan teh manis, dan dilakukan tes darah untuk mengecek kadar darah, kolesterol, trigliserida, urea, kreatin, transaminase, transpeptidase, lipase, dan aktifitas amilase. Ditemukan bahwa konsumsi kombucha menyebabkan efek penyembuhan pada tikus diabet, terutama melalui perbaikan fungsi hati-ginjal. Kombucha disimpulkan bisa dipertimbangkan sebagai kandidat untuk suplemen, perawatan dan pencegahan diabetes.

Beberapa konsumen penderita diabetes juga melaporkan bahwa setelah minum kefir dan kombucha mereka merasa lebih segar dan tidak berkeinginan ngemil. Tetapi jika ragu, konsultasikan ke dokter atau mulailah perlahan-lahan rejimen probiotik ini.

APAKAH KEFIR DAN KOMBUCHA AMAN UNTUK IBU HAMIL DAN IBU MENYUSUI?

Hal ini memang agak kontroversial karena banyaknya pros dan cons. Di satu sisi, kombucha dan kefir dapat membantu masalah sembelit yang sangat sering terjadi sewaktu hamil. Khasiat probiotik aktif, vitamin B, enzim dan antioksidan juga berguna di masa kehamilan. Masalahnya, banyak yang khawatir soal alkohol terkandung dalam kombucha dan kefir. Proses fermentasi memang satu proses biologi yang pelik (menggunakan karbohidrat untuk memproduksi probiotik, enzim, vitamin B dan asam berguna yang membasmi bakteri jahat dan mengawetkan makanan) dengan produk sampingan karbon dioksida dan sedikit ethanol. Berapa banyaknya ethanol yang terbentuk dalam fermentasi tergantung jenis fermenter (ragi vs bakteri vs kapang dan lainnya) dan jenis atau jumlah karbohidrat bahan input

Di Amerika memang pernah terjadi salah satu merek kombucha ternama harus merubah cara produksi dan resep karena mengandung 2,5% alkohol, dan ini yang memicu polemik tentang kombucha. Tetapi umumnya kefir dan kombucha yang beredar di pasaran Amerika dan terutama di Indonesia masih dalam ambang batas non-alcoholic. Untuk memastikan, mungkin bisa minta perusahaan melakukan tes alkohol secara berkala.

Untuk ibu menyusui, asupan probiotik aktif akan sangat membantu menjaga kesehatan dan menambah tenaga ibu. Kesimpulan kami, untuk ibu hamil atau menyusui yang ingin menkonsumsi, pastikanlah untuk mendapatkan kombucha dan kefir hanya dari sumber terpercaya yang berkomitmen untuk memproduksi kombucha dan kefir tidak beralkohol.

Hubungi kami untuk pertanyaan belum terjawab