MISI KAMI

 

Bermula dari keinginan untuk berbagi informasi kesehatan untuk membantu teman, saudara dan keluarga di Jakarta, SEJAK AKHIR 2017 penemu Heal Probiotics meramu dan membotolkan minuman berdasar resep jamu tradisional eyang putri tercinta

DESAIN LABEL YANG MENCAKUP SELURUH MISI KAMI:  Doa kami terukir di setiap botol yang kami produksi. Diawal dengan 'heal!,' doa kesembuhan dari penyakit, kebangkitan dari kegagalan dan kesedihan; ditambah dengan pendalaman jiwa (batik kawung), dan kesinambungan alam semesta (gunungan).

DESAIN LABEL YANG MENCAKUP SELURUH MISI KAMI:

Doa kami terukir di setiap botol yang kami produksi. Diawal dengan 'heal!,' doa kesembuhan dari penyakit, kebangkitan dari kegagalan dan kesedihan; ditambah dengan pendalaman jiwa (batik kawung), dan kesinambungan alam semesta (gunungan).

Diawali dengan keprihatinan melihat kemerosotan gaya hidup sehat dan naiknya tingkat berbagai penyakit di Jakarta,  penemu Heal Probiotic, Erina dan Tita,  mulai membotolkan dan menawarkan minuman probiotik kombucha yang dicampur dengan resep tradisional jamu Indonesia, dengan tujuan meningkatkan kesehatan tubuh melalui kesehatan perut.

Makanan asli Indonesia kebanyakan termasuk kategori makanan makrobiotik, yang sedang populer di dunia barat dan diagungkan sebagai makanan sehat: tempe, oncom, tauco, kecambah, jamu, dan lainnya. Sayang masyarakat kita cenderung lebih memilih makanan sudah jadi, cepat saji dan makanan 'bule' yang kurang bergizi dan tidak baik untuk kesehatan. Polusi, penggunaan antibiotik yang berlebihan, dan kurangnya aktifitas fisik, menyumbang masalah dan semakin menurunkan tingkat kesehatan masyarakat Indonesia. 

Heal Probiotics beraspirasi untuk memperkenalkan gaya hidup sehat dan lezat yang tidak mengorbankan mutu dan rasa makanan minuman. Rahasia gaya hidup sehat yang awet (bukan diet sekejap)bertumpu pada  gaya hidup sehat yang tidak membosankan atau menyiksa karena harus terpaksa makan minum yang tidak enak rasanya. Kita sebenarnya bisa kembali ke cara makan jaman dahulu yang makrobiotik dan sehat, menyembuhkan diri sendiri dengan jamu dan cara tradisional. Tetapi kami sadar kebiasaan akan susah dirubah. Pendekatan kita melalui komunikasi terbuka, dengan tujuan utama meningkatkan pengetahuan, kesadaran nutrisi dan gaya hidup sehat   berkesinambungan. Selain itu kami juga berusaha ramah lingkungan dalam proses produksi dan distribusi dengan hanya membeli bahan baku lokal sebisa mungkin langsung dari petani, menggunakan botol gelas dan membayar ke konsumen botol yang dikembalikan (refund). Kami juga menyisihkan sebagian keuntungan untuk diberikan ke yayasan dan organisasi yang sejalan dengan misi kami.

Mariko dan Erina di depan danau Cayuga, Ithaca NY

Mariko dan Erina di depan danau Cayuga, Ithaca NY

Erina Azis, kombucha momma

Erina tinggal di Ithaca, NY selama lebih dari 27 tahun, dimana dia mendapat gelar doktor dari Cornell University. Sejak 2015 dia memutuskan untuk setiap tahunnya membagi waktu separuh di Jakarta. Dua anaknya masih tinggal di Amerika, dan suaminya masih mengajar di Cornell University di Ithaca, NY, dan Universitas Indonesia.

Keinginan Erina untuk berbakti kepada masyarakat Indonesia disalurkan melalui kampanye kesadaran nutrisi dan gaya hidup sehat, dimulai di lingkungan teman dan keluarga terdekatnya. Oleh dokter dan ahli nutrisi di AS,  selain rejimen makanan antiinflamasi, putri Erina yang menderita autoimmune memang diharuskan mengkonsumsi probiotik hidup  yang tidak mengandung susu. Terinspirasi oleh kemajuan kesehatan putrinya, Erina mulai menjadi duta besar probiotik hidup dan makanan fermentasi. Erina percaya kepada pendekatan bahwa mikrobiom mempengaruhi kesehatan fisik dan jiwa manusia, dan bereksperimen dengan berbagai metode dan makanan fermentasi untuk mengambil manfaat prebiotik dan probiotiknya. Menurut Erina, proses fermentasi membuat makanan sehat menjadi semacam 'super food.'

 
Tita.jpeg

Tita Chusnun, co-founder

Tita dan Erina pertama bertemu di Ithaca, NY, di mana Tita tinggal selama enam tahun untuk menemani suami menyelesaikan program doktor di Cornell University.  Meskipun beda generasi umur, dua wanita ini kemudian bersahabat erat karena kecocokan dalam gaya hidup sehat dan cara mendidik anak.

Ibu dari dua anak, filosofi hidup Tita didasarkan kepada filosofi Aesop yang mengatakan "perbuatan baik tidak pernah akan sia-sia." Tita memulai kerja sosialnya di bidang pendidikan, dengan memulai klub anak berkegiatan membaca dan menulis 'Here We Write,' di Jakarta, lalu membantu Erina dengan kegiatan kampanye konsumsi probiotik karena selain ingin menyebarkan informasi gaya hidup sehat kepada masyarakat, Tita percaya bahwa kombucha juga telah membantu anggota keluarganya menjadi lebih sehat.

Tita adalah alumni  Ithaca College di Ithaca, NY, dan dibesarkan di Los Angeles, CA.

 

Perkenalkanlah seluruh tim heal. so nice to meet you!

Mbak Umi, production supervisor cantik kita

Mbak Umi, production supervisor cantik kita

Pak Tarso, bekerja keras membantu kami antar jemput dan deliveri

Pak Tarso, bekerja keras membantu kami antar jemput dan deliveri

Mas Syahmin, bekerja keras membantu kami dalam sterilisasi dan site clean-up

Mas Syahmin, bekerja keras membantu kami dalam sterilisasi dan site clean-up

Mbak Santi, site supervisor cantik kita

Mbak Santi, site supervisor cantik kita

Mbak Ayu, admistrative & design assistant

Mbak Ayu, admistrative & design assistant

Mas Mastur, bekerja keras membantu kami antar barang, penerimaan dan sterilisasi

Mas Mastur, bekerja keras membantu kami antar barang, penerimaan dan sterilisasi

Mbak Tia, membantu kami untuk serba serbi serba bisa

Mbak Tia, membantu kami untuk serba serbi serba bisa

 

Apa kata orang tentang kami? Lihat testimoni di sini

Sejak Desember 2018 untuk menurunkan jejak karbon dalam pengiriman produk, kami berkolaborasi dengan Kami Antar Jakarta, pionir sistem pengiriman tanpa emisi karbon, yang terdiri dari sekumpulan anak muda kreatif bersepeda (cyclists). Klik di sini untuk menggunakan jasa terpercaya mereka.