Cerita dari Kota Kecil di Upstate New York

Halooooo, selamat datang di blog cerita pertama. Akhirnya berhasil juga bikin, huhuuuuiiii tos!

Saya nulis ini dari satu kota kecil di Upstate New York, meringkuk di bawah meja lesehan Jepang pake pemanas listrik untuk kaki (kotatsu). Di luar udaranya dingiiin banget, minus 14 derajat Celcius. Dinginnya melipir lewat jendela kaca rumah kayu kita deh, sampe rasanya ngilu di tulang dan di gigi.

Hari ini katanya mau ada badai salju di Amerika Utara. Wuih makin dingin lagi nih, padahal kota-kota besar seperti New York, Boston, Washington DC udah rekor terendah sejak 1939. Katanya suhu mereka lebih rendah dari suhu di Mars! Huaaaah bayangin. Florida yang suhu tropis aja bisa ada salju.

Nggak heran lah kalau orang mulai bertanya-tanya, bener nggak sih ada pemanasan global? Banyak emang kita ini yang segan ngerubah gaya hidup. Emangnya satu orang ngaruh? Apalagi nggak enak rasanya denger orang berkhotbah tentang polusi ini itu. Capek rasanya liat di sosmed gambar beruang kutub kelaparan terapung di es yang mencair. Iya kan? Ngerti deh.

Tapi beneran lho. Ini penting banget buat kita terutama yang di Indonesia. Pemanasan global itu bener ada, tiap tahun suhu bumi naik terus,  permukaan laut makin tinggi. Negara Kiribati dan kota Jakarta bisa tenggelam tahun 2030. Beneran, Jakarta. Baca di sini deh.  Panasnya bumi makin menjadi-jadi. Australia yang sedang summer juga musim panasnya kelewat panas, 47,5 derajat Celcius, sampai binatang pada mati, kelelawarpun pada jatuh dari pohon, nggak kuat dan mati kepanasan. Google deh.

Nah, bisa apa kita? Banyak sih. Simple action matters. Misalnya, nggak ngerokok, bawa botol minum sendiri, ngurangin plastik, bawa tas belanja sendiri, ngurangin pake AC, carpool ama temen, naik transportasi umum (ya ya, jangan mendelik ah hahaha). Dengan simple action gini, kalau banyak yang ngelakuin pasti kita berhasil deh bikin dampak besar mengurangi polusi udara dan plastik dan pemanasan global. 

Eh jangan marah dong, saya nggak mau ikutan khotbah kok. Tapi coba deh, kalau kita bisa berbuat baik, rasanya gimanaaa gitu. Yuk mulai! :) 

Salam hangat dari tempat beku.

Air terjun Taughannock di Ithaca bisa sampai beku saking dinginnya, padahal tingginya lebih tinggi dari Niagara Falls

Air terjun Taughannock di Ithaca bisa sampai beku saking dinginnya, padahal tingginya lebih tinggi dari Niagara Falls